Tuesday, October 31, 2006

Cerita Lebaran

Di Padang lebaran jatuh pada hari senin, 23 oct 2006.
Tapi mesjid dekat rumah sebelumnya ngumumin bahwa lebaran itu hari selasa tapi karena pemda setempat memutuskan lebaran hari senin ya kita sebagai warga yang patuh ngikut aja.
*padahal mah seneng lebaran di cepetin biar bajunya nggak kelamaan mejeng di lemari*.

Setelah abis sholat Ied langsung serbu meja makan, *tentunya setelah maap - maapan* .Si Mama punya tradisi sendiri setiap lebaran bikin makanan aneka macam dan dalam jumlah yang sangat banyak,katanya nggak papa kelebihan asal jangan kekurangan makanan. Lagian malu kan kalo tamu dateng makanan dah nggak ada, Iya sich tapi kan capek ntar cuci piringnya * mbatin*.

Karena nyokap anak perempuan paling besar jadi semua pada ngumpul di rumah dan ramenya minta ampun.

Sebelum datangnya tamu
Tiga generasi (sebelumnya bokap lelaki paling guanteng dirumah, tapi kini ada 2 saingan bo..)
Sebelum tamu pada dateng kita bawa Migel keliling ke sodara-sodara di sekitar rumah, judulnya silaturahmi tapi kita ngumpulin tambangnya migel* maap ya nak engkau blm tau nilai uang*. Alhasil Etek dan bundanya lah yang kenyang ngumpulin pitih tambang sedangkan Migel cuma ketawa-ketawa di gendong orang-orang.
Setelah keliling balik kerumah lagi dan langsung menuju dapur bagian cuci piring
*kacian dech* dari taon ke taon kerjaan nggak naik-naik pangkat cuci piring mulu.
Malah kata salah satu tante bilang ini Nieke sengaja di impor dari jakarta buat nyuci piring di rumah ya karena pembokat mudik *emang gw pembantu penganti*
Lebaran pertama sukses tewas 5 jam cuci piring.