Monday, September 04, 2006

Balimau

G brasa bln puasa ntar lg,g sampe 2 mgg lg..klo msh di rumah pasti aku akan heboh bgt nich.
Jd inget klo di kampuang menjelang Ramadhan pasti akan ada acara "Balimau",yaitu semacam tradisi dalam menyambut bulan puasa dengan mandi -mandi di sungai ,danau, or whatever yg ada genangan air pada nyebur dech.

Tradisi ini sudah turun-temurun dan kayaknya daerah Padang dan sekitarnya pasti heboh bgt klo dah acara "balimau" ini datang.

Sebenernya klo diliat dari makna yang terkandung adalah menyucikan diri sebelum bulan puasa,tp sekarang2 ini sudah di salah artikan,byk muda-mudi yang menjadikan ajang ini sebagai arena buat jual tampang or istilahnya mejeng lah.Dan byk kejadian orang tengelem lah,kecelakaan lah, dsb..dsb...karena kurang hati2 or memang dah nasib kali.

Kembali lagi ke tradisi tersebut, dari kecil dulu Pa & Ma tiap taon pasti bawa kita sekeluarga en bbrp sodara untuk pergi "balimau" ini, klo g ke aka gadang di Painan, Lubuak Mato kuciang en sampe ke Sangir ( perbatasan dg Kerinci Jambi ) juga pernah .

Jauh2 hari sebelumnya pasti kita dah ngerencanain mo balimau kemana trus ngebujuk Pa untuk merealisasikan rencana kita,pernah nich kita pergi harus antri BBM selama 4 jam krn waktu itu ada kelangkaan BBM, dan jalan ke aka gadang itu macetnya minta ampun.....bayangin aja perjuangan untuk bisa pergi .

Udah hampir 3 th ini aku pribadi g pernah lg ikut "balimau" karena dah jauh dari rumah,dan di sini g ada tradisi spt itu.
Jd kangen juga en jd pengen pulang...

1 Comments:

At 12:50 PM , Blogger Nieke said...

Bgt2 gw homesick.....

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home